Tambora Menyapa Dunia

Gambar : www.dompudidadaku.wordpress.com
Memperingati 2 abad (200 tahun) meletusnya gunung Tambora (10-11 April 1815) di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Provinsi NTB mengadakan acara yang bertema "Tambora Menyapa Dunia".

Beragam acara akan ditampilkan dalam memperingati momentum ini. Acara pertama merupakan acara berbasis bakti sosial dan pengembangan ekonomi kreatif, yaitu menyelenggarakan operasi katarak dan bibir sumbing, penghijauan hutan kawasan Tambora pecinta lingkungan dan Dinas Kehutanan, pameran produk unggulan seperti kopi Tambora dan pasar rakyat serta pesta kuliner yang puncak acaranya di Desa Doro Ncanga.

Acara kedua merupakan acara berbasis seni budaya pada 1 April 2015, seperti pentas seni budaya yang ditampilkan oleh semua sanggar di Tambora, upacara selamatan laut di kawasan Samota (Satonda, Moto dan Tambora), pawai budaya dan jambora seni budaya di Dusun Pancasila sebagai dusun terakhir menuju pendakian gunung Tambora.

yang ketiga merupakan acara berbasis Seminar dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan. Seminar pertama dijadwalkan 20 Maret 2015, yaitu seminar pariwisata untuk menyiptakan citra Tambora. Berikutnya seminar arkeologi di Bima 9 April 2015, peluncuran kembali buku La Hami, pameran arkeologi dan museum 7-9 April 2015, seminar Arsitektur Landscape tentang Vulkanologi, 9-12 Agustus 2015 dan pameran foto yang sengaja dijadwalkan setelah puncak peringatan agar dapat melibatkan para fotografer yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.

Kemudian keempat berupa kegiatan sport adventure untuk minat khusus, yaitu Tambora Bike 8-11 April 2015 dengan rute menyusuri jalanan dari Lombok sampai Dompu, Mount Tambora Ultra Trail Run 7-11 April, Tambora Chalenge (Trans Sumbawa) 7-11 April 2015, lari 10 K di Dompu 5 April 2015, Sepeda Gunung Nusantara 10 April 2015 dan pacuan kuda di Bima.

Selain itu beberapa komunitas pendaki, traveller dan penggiat alam bebas lainnya memanfaatkan dengan mengadakan pendakian masal, kegiatan bersepeda, perjalanan wisata keluarga dan kegiatan lainnya.

Puncak acara yaitu tanggal 11 April 2015 diperkirakan akan mencapai 15.000 pengunjung yang hadir di kawasan gunung Tambora.





No comments:

Post a Comment