Bertualang Sambil Berbagi, Gn. Tambora, NTB



19-26 Juli 2015, Gunung Tambora – Pulau Satonda, Sumbawa, NTB

Siapa tak kenal Tambora? Gunung Api maha dahsyat yang letusannya mengubah iklim dunia pada masa lalu. Tepatnya pada tahun 1815 silam, dunia bergetar. Fenomena A Year Without Summer pun terjadi akibat dari letusan Tambora. Puncaknya Tahun ini diadakan peringatan 200 tahun meletusnya Tambora. Event Tambora Menyapa Dunia yang diadakan beberapa waktu lalu pun sukses membuat banyak pegiat alam menyambanginya. Oleh karena itu pula, Kami memilih nama Tambora sebagai nama web ini.

Bukan tanpa alasan kami memberi nama Tambora pada web ini. Selain karena kedahsyatannya, Gunung dengan kaldera terluas ini menjadi impian untuk kami pijak walau hanya sekali seumur hidup. Akhirnya, pada tahun ini kami berniat untuk memanfaatkan kesempatan baik waktu, tenaga dan materi yang telah kami miliki untuk bisa menggapainya. Karena kesempatan ini tidak mudah untuk didapat, maka dari itu kami ingin mewujudkan impian ini bukan hanya sekedar mendaki Tambora saja. Terasa datar bagi kami apabila berkunjung ke sana hanya untuk memuaskan hasrat bertualang kami tanpa bisa berguna untuk orang lain. Atas dasar itulah kami berencana untuk sedikit berbagi kepada saudara kita yang ada di sana.

Tak jauh dari Gunung Tambora, tepatnya di Kec. Ambalawi, Kab. Bima, NTB, ada sebuah sekolah dasar yang didirikan oleh seorang sopir bus malam. Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Darul Ulum namanya. Bapak M. Saleh atau biasa dipanggil Bang Alan yang mendirikan sekolah ini dengan biaya sendiri. Selain dari penghasilannya sebagai supir bis malam, Beliau mendirikan sekolah gratis ini di atas tanahnya sendiri. Tujuan hanya satu, yaitu mencerdaskan warga setempat yang kurang mampu untuk bisa mendapatkan pendidikan layaknya anak-anak di daerah lain. Berbekal tanah warisan dari orang tuanya, Bang Alan yang berperawakan gahar namun berhati emas ini mengelola sekolah yang telah ia dirikan sejak tahun 2009 silam. Maka tak heran pada 2014 lalu, Ia mendapatkan penghargaan yang cukup setimpah yaitu Pahlawan Pendidikan Indonesia 2014.

Informasi tentang beliau kami dapatkan dari beberapa media baik online maupun media lainnya yang telah mengangkat profil beliau. Khususnya dari sahabat beliau, seorang aktivis yang sangat peduli terhadap tanah kelahirannya di Bima yang bernama Rangga Babuju. Profil tentang Bang Alan ini banyak di ekspos dari akun Facebook Bang Rangga. Berikut sedikit profil tentang Bang Alan dan Madrasahnya : http://on.fb.me/1HsSNyB  


Dari bang Rangga ini pula kami berhasil mendapatkan kontak Bang Alan untuk mendapatkan informasi tentang keadaan di sana. Meskipun saat ini telah banyak bantuan yang mengalir untuk perkembangan Darul Ulum, tapi kami yakin, Darul Ulum akan tetap membutuhkan uluran tangan kita.

Oleh karena itu, dengan konsep “One Mountainer One Book”. Kami berencana akan melakukan pendakian ke Gunung Tambora dan mengunjungi Pulau Satonda. Setelah itu tujuan kami selanjutnya tentu saja mengunjungi MIS Darul Ulum untuk menyumbangkan sedikiti rezeki kita berupa buku-buku untuk anak-anak di sekolah tersebut. Tujuan rencana kami ini adalah ingin berbagi dan berguna kepada sesama. Khususnya kepada adik-adik kita di Bumi Tambora yang mungkin akan menjadi bintang bagi tanah kelahirannya sendiri bahkan bagi Indonesia.

Perjalanan ke Tambora dan sekitarnya ini, sejatinya akan dilaksanakan pada tanggal 19 – 26 July 2015. Kami mengajak rekan-rekan pendaki dari penjuru manapun untuk ikut serta bersama kami melakukan pendakian Tambora sekaligus beramal dengan mengunjungi MIS Darul Ulum sepulang pendakian. Namun bagi rekan-rekan yang berhalangan untuk ikut serta dalam pendakian ini, jangan berkecil hati. Anda juga bisa turut andil dalam acara yang kami rencanakan dengan cara menyumbang buku-buku pelajaran sekolah dasar. Selain buku pelajaran, menurut informasi yang kami dapatkan dari Bang Alan, di sana sangat membutuhkan buku-buku tulis serta peralatan tulis-menulis untuk dapat digunakan siswa/i MIS Darul Ulum. Oleh karena itu, kami juga bersedia menerima sumbangan dalam bentuk dana. Dana tersebut nantinya akan kami gunakan untuk membeli buku-buku dan peralatan tulis menulis, serta untuk biaya pengiriman sumbangan ini melalui Jasa Ekspedisi.

Nah, bagi rekan-rekan yang berminat untuk mengikuti pendakian amal ini sangat dipersilahkan. Kabarnya, Bang Alan juga akan turut serta mengikuti pendakian ini apabila kondisi tubuh sedang fit dan sedang libur membawa bus. Kami terbuka bagi siapapun dengan syarat membawa minimal 1 (satu) buku untuk dapat disumbangkan. Untuk biaya pendakian ini, kami menerapkan sistem Sharing Cost (biaya sendiri) dan akan diinfo lebih lanjut besarnya budget untuk pendakian ini. Acara ini murni independen, yang artinya tanpa embel-embel dari pihak manapun. Tujuan utama kami hanya ingin berbagi sekaligus menunaikan hobby bertualang.

Untuk informasi pendakian dan donasi, silahkan menghubungi CP di bawah ini:
Telp/Whatsapp :
  • 0856 9729 5033 (Satria "Aciel" Ramadhan)
  • 0812 8118 4005 (Yudhit Permana) 
  • tambora.mail@gmail.com
Seluruh donasi yang Anda berikan Insya Allah akan tersalurkan dengan sebaik-baiknya. Selain itu kami juga akan menuliskan seluruh laporan donasi yang telah terkumpul seusai acara ini. Sekecil apapun yang kita berikan, sangat besar manfaatnya untuk saudara-saudara kita di sana. Batas waktu pengumpulan donasi akan ditutup pada tanggal 10 Juli 2015 atau H-7 sebelum Idul Fitri. Info mengenai Itinerary/rangkaian perjalanan ini, silahkan kunjungi tautan ini.
Info Donasi : klik disini



 
 

No comments:

Post a Comment