Hitchhiking, cara unik Travelling




Seiring perkembangan zaman, dunia Travelling mengalami banyak kemajuan dan semakin variatif. Mulai dari tujuan tempat wisata, alat-alat penunjang wisata, hingga ragam cara dalam melakukan perjalanan. Salah satunya tentu cara unik yang satu ini, yaitu Hitchhiking.
Hitchhike yang merupakan kata dasar dari Hitchhiking memiliki definisi yaitu menumpang/membonceng/'menebeng'. Tentu hal ini sangat unik dikarenakan kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk menggunakan transportasi umum. Orang yang melakukan cara ini disebut Hitchhiker. Bagi mereka dalam sebuah perjalanan merupakan sebuah petualangan besar dan memiliki tantangan tersendiri.
Berdasarkan tradisinya, Hitchhiking dilakukan dengan cara berdiri di tepi jalan dan menunggu kendaraan yang lewat lalu mengacungkan ibu jari ke atas, meskipun tidak ada sumber sejarah yang jelas menerangkan awal mula Hitchhiking. Sejalan dengan berjalannya waktu, para Hitchhiker mengembangkan caranya dengan bermodalkan kertas dan alat tulis untuk mendapatkan tumpangan ketika dalam perjalanannya. Caranya dengan menuliskan tujuan perjalanan mereka.

sumber foto :
http://hitchwiki.org/en/Hitchhiking
Walaupun terlihat mudah, ternyata cara ini sangat sulit dilakukan. Selain menuntut kesabaran yang tinggi, cara ini juga mengharuskan kita untuk dapat berkomunikasi dengan baik kepada orang lain yang tentu saja tidak kita kenal. Supel dan humoris juga merupakan langkah untuk mempermudah mendapatkan tumpangan. Berbagi apapun yang kita punya dengan si pemberi tumpangan, misalnya rokok, snack, atau bahkan cinderamata juga merupakan trik untuk mendapatkan tumpangan dengan mudah.
Selain mendapat tumpangan gratis di dalam perjalanan, cara ini juga dapat menambah lingkaran pertemanan di perjalanan. Semakin banyak teman, tentu semakin asyik bukan :). Dalam Hitchhiking, tidak bisa dilakukan sembarangan walaupun tidak ada aturan tertulis dalam melakukan cara ini. Tetap ada etika dan aturan dalam melakukan Hitchhiking. Misalnya tidak mengganggu kelancaran lalu lintas (menghentikan kendaraan di perempatan, lampu merah, zona dilarang berhenti dll). Selain itu, kita juga harus ikhlas bilamana sebuah kendaraan tidak dapat memberikan tumpangan kepada kita. Sangat menyenangkan dan memuaskan apabila pejalan dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan tidak mengeluarkan uang sepeser pun.

Sumber foto :
http://hitchhikerindonesia.wordpress.com/
Ada sebuah situs internasional yang secara khusus memberikan informasi tentang hitchhiking, yaitu http://hitchwiki.org/ . Di situs berbahasa Inggris ini juga memberi wadah untuk sekedar berbagi info kepada para Hitchhikers di seluruh penjuru dunia. Ada forum, Group, Members dan juga Live Chat untuk menunjang terjalinnya komunikasi antar Hitchhikers. Bagaimana dengan di Indonesia? tenang, di Indonesia sudah ada yang membentuk wadah bagi para pejalan yang tertarik dengan cara ini. Yaitu sebuah group Facebook yang bernama Hitchhiker Indonesia dan bisa diakses melalui link : http://www.facebook.com/groups/330534110323495/?ref=ts&fref=ts. Bisa juga email ke hitchhiker.indonesia@ymail.com untuk mendapatkan info atau sekedar berbagi tentang dunia Travelling. Dan baru baru ini sebuah blog yang mengulas semua tentang Hitchhiking sudah dibuat, bisa diakses di http://hitchhikerindonesia.wordpress.com/.
Bagaimana? tertarik menggunakan cara seru ini dalam setiap perjalanan anda?. Saya rasa patut dicoba untuk merasakan sensasi petualangan yang sangat menantang ini.
-salam pejalan-

2 comments:

  1. Hayoo liat2 dulu di group HHI ( hitchhiker indonesia ) ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. okaaay....udah liat duluan mas bro/mbak bro hhehehe....thnx untuk referensi nya :)))

      Delete