Memompa adrenalin di sungai Citarik, Sukabumi

Serunya Rafting di Citarik, Sukabumi

Bingung menentukan tujuan berakhir pekan bersama keluarga, atau teman-teman sekantor? Mungkin dengan menikmati jeram di sungai Citarik, Sukabumi bisa menjawab itu semua. Tak ada salahnya bila mencoba wahana wisata alam yang satu ini. Paling tidak, bagi yang ingin sekedar uji adrenalin setelah menjalani rutinitas sehari-hari yang membosankan.
Sungai Citarik terletak di kecamatan Cikidang, Sukabumi dan dapat ditempuh dari Jakarta sekitar 3-4 jam perjalanan darat. Akses menuju ke lokasi inipun tidak sulit, jalan raya tergolong cukup bagus dan besar meskipun berkelok-kelok melewati lembah-lembah dan perkebunan kelapa sawit. Fasilitas yang ada di sana juga sangat mumpuni, dari mulai penginapan, rumah makan hingga tempat penjualan souvenir.

Di Citarik, anda bisa memilih paket jeram mulai dari 1,5 km atau sekitar 1,5-2 jam hingga yang terpanjang sampai ke Pelabuhan Ratu dengan jarak 17 km atau sekitar 5 jam. Di sini anda tidak hanya dapat menikmati arus sungai Citarik yang cukup menegangkan. Beberapa operator rafting di sana juga menyuguhkan beberapa kegiatan outbond seperti painball, off road, family camp, hingga corporate outdoor training. Untuk kebutuhan akomodasi hingga peralatan rafting juga disediakan oleh operator rafting yang ada di sana, tinggal pilih sesuai selera dan kantong :). Oleh karena itu tak usah bingung bilamana anda ingin menjajal serunya rafting di sungai Citarik ini.



Akses menuju Citarik:
Jika menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa melalui jalur Bogor-Cicurug-ParungKuda-Cikidang. Jika berasal dari arah Bogor/Jakarta, anda harus mengambil arah kiri sesampainya di pertigaan jalur alternatif pelabuhan ratu (depan polsek Laka Lantas Cikidang). Banyak penunjuk arah begitu sampai di lokasi ini serta baliho-baliho provider rafting yang terpampang di sekitar pertigaan ini.
Namun bagi anda yang menggunakan angkutan umum, tidak terlalu sulit kok untuk mencapai lokasi rafting sungai Citarik ini. Dari arah Bogor atau Jakarta, bisa menggunakan angkutan dengan jurusan Sukabumi, lalu turun di pertigaan jalur alternatif pelabuhan ratu (depan polsek Laka Lantas Cikidang). Dari situ, bisa naik angkot ke arah Cikidang dan turun di sub terminal Cikidang. Dilanjut dengan naik ojek sampai tujuan (bilang saja ke Citarik/Pajagan). Semua tukang ojek di sana juga sudah paham betul jika anda bilang ingin arung jeram di sungai Citarik :).

Tips:
  • Bawa pakaian yang cukup untuk salin setelah basah-basahan;
  • Bawa jaket dan pakaian hangat, sebab suhu udara di sana cukup rendah;
  • Disarankan datang berkelompok atau bahkan dalam rombongan yang cukup besar. Bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan diskon dari salah satu provider rafting di sana;
  • Datang pada musim yang tepat, khususnya musim penghujan jika ingin menikmati arus sungai Citarik lebih dahsyat lagi.

Info beberapa provider arung jeram di sungai Citarik, Sukabumi:
  1. Arus Liar Adventures
    website : http://arusliar.co.id/
PT LINTAS JERAM NUSANTARA
Komplek Gudang Peluru
Jl. Gudang Peluru Barat Blok X No. 557 Tebet, Jakarta Selatan 12830
Phone :
+62 21 835 5885
Mobile :
+62 811 103397
+62 812 80 700 700 (24 hrs)
+62 813 199 199 85
(SMS only on weekdays)
Faximile : +62 21 837 05448

  1. Caldera Indonesia
HEAD OFFICE
JAKARTA
Jl.Bojonegoro no.16 , Menteng jakarta Pusat 10310 Indonesia.
Phone :
+62-21-3901575 (hunting)
Email : info@calderaindonesia.com
RIVER RESORT - CITARIK
Kamp.Lebak Wangi - Cijambe Cikidang, Sukabumi Jawa Barat.
Ph: +62-266-6622076 GPS: -6.91683, 106.61107

Biaya rafting dipatok mulai dari Rp. 190.000,- hingga Rp. 500.000,- tergantung paket yang anda pilih pada provider rafting tersebut. Untuk kegiatan lain seperti outbond juga bisa disesuaikan harganya dengan kebutuhan dan keinginan anda.
Sebetulnya, masih banyak operator-operator untuk rafting di Citarik. Namun dari banyak testimoni rekan-rekan pejalan yang sudah pernah ke sana, hanya operator yang tersebut di atas yang cukup recommended (tanpa bermaksud promosi) :D.

Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam menentukan tujuan anda selanjutnya. :)

-salam pejalan-

No comments:

Post a Comment