Ekowisata Taman Nasional Baluran, Jawa Timur

sumber : http://balurannationalpark.web.id/

Mungkin namanya masih kurang familiar di telinga para traveler. Yuups, di ujung timur pulau Jawa sana, terdapat sebuah taman nasional yang kaya akan keanekaragaman hayati. Di sana terdapat hampir semua tipe hutan yang ada di Indonesia. Mulai dari hutan pantai, mangrove, hutan hujan tropis, padang rumput hingga dunia bawah laut yang tak kalah elok dengan tempat lainnya. Sehingga kawasan seluas ± 25.000 Ha. ini cocok untuk aktivitas wisata edukasi hingga untuk penelitian. 


Banyak orang yang sudah pernah mengunjungi Baluran bersabda bahwa kawasan ini merupakan “Afrika” nya Indonesia, terutama sepanjang musim kemarau. Yaak, pada saat musim kemarau lah waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana. Lalu bagaimana jika kita ingin ke sana pada waktu musim penghujan? Tenang, sesuai dengan ekosistem di sana yang beraneka ragam, masih banyak yang bisa kita nikmatin kok seperti Bird Watching, Kanoing, Snorkeling, sampai pengamatan satwa yang beraneka ragam di kawasan ini.

Halo selamat datang
Bersama petugas yang cukup ramah dan edukatif
Namun bagi penikmat panorama alam yang benar-benar ingin menikmati Afrika 'ala' TN Baluran, waktu yang tepat untuk berkunjung ke sana ialah pada musim kemarau. Sebab, padang rumput yang berwarna emas kecoklatan tepatnya di sepanjang wilayah Bekol hingga Pantai Bama mulai tampak pada musim kemarau. Namun sayang ketika saya berkunjung ke sana masih tampak menghijau dikarenakan belum masuk musim kemarau. Tapi tetap indah kok. (menghibur diri) :D

Pada awalnya TN Baluran ditetapkan sebagai Suaka Margasatwa oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda pada kala itu. Lalu status kawasan tersebut ditingkatkan menjadi Taman Nasional oleh Menteri Pertanian pada tahun 1980. Kawasan yang terletak di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur ini selain beraneka ragam pada panorama alam dan hutannya, di sana juga memiliki keanekaragaman satwa liar yang dilindungi. Di sana kita akan dijamu dengan banyaknya hewan-hewan yang mungkin belum pernah kita jumpai sebelumnya secara langsung. Seperti Kerbau Liar, Merak, Banteng Jawa, Kijang, Rusa, hingga berbagai jenis burung yang tidak sedikit jumlahnya. Pokoknya “Pecaaaah” banget deh bro. :))

Jadi, bagi sobat-sobat pelancong bahkan untuk adik-adik yang masih sekolah wajib untuk menjadikan TN Baluran sebagai daftar tujuan wisata anda. Selain keindahan semuanya yang ada di sana, banyak nilai edukasi yang disajikan di kawasan ini. Sarana dan fasilitas akomodasi di sana juga tertata dengan rapih dan terjangkau harganya. Mulai dari penginapan, camping ground, musholla, toilet yang bersih hingga akses jalan yang memadai. Tiket masuknya pun murah ga sampai 5000 rupiah. Penginapan yang terdapat di Baluran tepatnya di Bekol dan Bama berkisar 200-300 ribu rupiah per satu malamnya. untuk urusan perut juga ga perlu ribet. Kita bisa memesan menu makanan yang sudah disediakan daftarnya oleh petugas setempat sesuai kantong masing-masing (fyi : kisaran 10.000 rupiah aja juga udah bisa sekali santap makanan bro).

Akses ke TN Baluran sangat mudah bagi sobat-sobat Backpacker. Banyak cara menuju Baluran, bisa melalui Banyuwangi, Surabaya, Malang, Situbondo bahkan dari Bali sekalipun bisa dengan mudah untuk mencapai kawasan ini. Mengingat lokasi pintu masuk kawasan ini berada pada jalur pantura di ujung timur pulau Jawa sehingga menjadikan akses untuk ke Baluran menjadi sangat mudah. Untuk informasi lebih jelas mengenai TN Baluran, bisa mengunjungi situs Taman Nasional Baluran.


"Afrika" nya lagi ijoooooooo......






15 comments:

  1. kalau sudah sampai di batangan trus mau ke pintu gerbang TN Baluran naik apa yaa ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pintu gerbang untuk memasuki TN Baluran sendiri letaknya di Batangan kak :), tepatnya berada di jalur yang menghubungkan Situbondo - Banyuwangi. Jadi merupakan satu-satunya jalur jika ingin ke banyuwangi. So, semua jenis angkutan umum dari pulau Jawa baik yang menuju Banyuwangi,Bali, NTB dsb. pasti melalui gerbang TN Baluran, pun juga sebaliknya.

      -terima kasih

      Delete
  2. penginapan terdekat dimana?

    ReplyDelete
  3. Fasilitas penginapan di Taman Nasional Baluran dapat ditemukan di Bekol dan pantai Bama, sangat disarankan agar Anda konfirmasi dengan petugas Taman Nasional apabila berencana bermalam di sini, sehingga dapat dipersiapkan logistik selama waktu bermalam.

    Kantor : Jl. KH Agus Salim No. 132 Banyuwangi 68425, Jawa Timur
    Telp. (0333) 424119; Fax. (0333) 412680 *

    ReplyDelete
  4. klo mau pesan homestay?pesanggrahan itu bisa on the spot dsana atau hrus booking dlu ? (mohon info)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendingan booking dulu, on the spot sih bisa selama ga ada yang menggunakan (sepi) tp kalo lagi peak season gambling juga :)

      Delete
  5. Selain di Bima ada penginapan murah tidak?
    Untuk snorkling tarif kira2 berapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada, di Bekol....harga sama aja kok :) kalo untuk snorkeling sebenernya cm bayar sewa kapalnya aja sih. Untuk alat snorkelingnya terakhir disana blm menyediakan. untuk lebih jelasnya sila kunjungin website Taman Nasionalnya aja Mas/Mbak --> http://balurannationalpark.web.id/

      Delete
  6. Tiket Masuk Ke Taman Nasional Baluran Berapa Ya :) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 3500 rupiah kalo gak salah deh yaah :)

      Delete
  7. Ada pin bb ga jd bisa share pengalaman disana...

    ReplyDelete
  8. Ada pin bb ga ya, buat share share nih, soalnya agustus ini saya mau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja ke acielino90@gmail.com yaaah :)

      Delete
  9. Halo, mau tumpang nny yah, di dalam taman nasionalny itu semuany walking distance yah apa ada akses mobil di dalam? kira2 brp lama waktu yg dibutuhkan buat explore main spotny dsna?

    Thank you :)

    ReplyDelete
  10. Anonymous04 July, 2014

    Mantap.. Terima kasih infonya. Kalau penginapan untuk berapa orang itu? Sama kaya mba ocha, saya juga mau kesana akhir agustus :)

    ReplyDelete