Buah Kurma, Penganan Kecil Penghasil Energi Besar

Source

Melakukan perjalanan khususnya mendaki gunung sangat membutuhkan energi dan kondisi fisik yang prima. Faktor dari dalam diri tersebut sangat berpengaruh pada kelangsungan perjalanan itu sendiri. Oleh karena itu, asupan makanan yang tepat ketika melakukan pendakian turut serta menjadi perhatian utama.

Ada sedikit tips perbekalan ketika melakukan perjalanan berat dalam hal ini misalnya pendakian gunung. Buah kurma yang kecil dan terkesan biasa saja ternyata menyimpan sejuta manfaat bagi kita ketika melakukan aktivitas tinggi. Kurma lebih cepat menggantikan energi yang hilang. Selain lebih praktis, kurma juga alami dibandingkan makanan suplemen lainnya.

Gak mau kan pendakiannya terganggu dikarenakan
kurangnya asupan energi ? :))
Berikut beberapa manfaat dari kandungan buah kurma:
  • Kurma mengandung zat gula yang tinggi yaitu antara 75-87% dan glukosanya sebanyak 55%, fraktosa 45% lebih tinggi dari jumlah protein, minyak dan beberapa vitamin (seperti vitamin A, B2, B12), dan sejumlah zat penting lainnya.
  • Kurma mengandung Gula-gula monosakarida sehingga pencernaannya lebih mudah dilakukan oleh tubuh. Bahkan kurma mampu meningkatkan kebasahan lambung yang terlalu asam setelah 13-14 jam tak memperoleh makanan dan minuman.
  • Buah ini juga mengandung asam salisilat yang umumnya digunakan sebagai bahan baku aspirin. Sehingga bagus untuk mencegah pembekuan darah, anti radang serta penghilang rasa nyeri.
  • Dibandingkan sumber karbohidrat lainnya seperti nasi, penyerapan gula kurma hanya butuh waktu 45-60 menit.
  • Ringan, membawa bekal buah kurma sangat simpel dan praktis dikarenakan bobotnya yang ringan dibandingkan makanan lainnya.
  • Tidak memerlukan perlakuan khusus (dimasak dahulu), jadi sangat cocok untuk pendakian.
  • Usianya yang tahan lama, bahkan sampai satu bulan tidak akan rusak/basi. Selain itu tidak menghasilkan sampah di gunung.
  • Namun sedikit catatan, mengingat kadar gula yang sangat tinggal dalam kandungan buah kurma. Sebaiknya tidak dikonsumsi bagi penderita diabetes.
Itulah beberapa manfaat buah gurun pasir ini. Sudah terbukti ketika penulis melakukan pendakian dengan membawa penganan ini. Manfaatnya tak sekecil bentuknya. Semoga informasinya bermanfaat :). (MSR)

No comments:

Post a Comment