Karimun Jawa, Pesona Wisata Taman Laut di Indonesia (1)


Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kab Jepara, Jawa Tengahmungkin tak sepopuler Bali, Lombok, atau Bunaken. Namun, keindahan alam laut kepulauan ini tak kalah luar biasa.  Di Karimun Jawa terdapat pulau-pulau kecil dengan pantai berpasir putih dan spot-spot menarik untuk diving / snorkeling, membuat Karimunjawa menjadi tempat yang layak dikunjungi. 
Tidak susah bila kita ingin menunju ke karimun jawa, kita bisa naek kereta melalui Stasiun Senen dengan biaya tiket KRL dari Jakarta ke Semarang seharga Rp120.000 dengan KRL via Senja Utama, kurang lebih perjalanan berdurasi 6 jam sampai di Stasiun Tawang, Semarang. Lalu kita akan lanjutkan berjalan ke Terminal Terboyo naik angkot dengan ongkos Rp.5.000, setelah sampai di Terminal Terboyo, kita menaiki bus menuju Jepara dengan biaya bus umum Semarang-Jepara Rp.13.000. Lama perjalanan dari Terminal Terboyo ke Jepara 4 jam. Ternyata dari Jepara kami harus menuju pelabuhan. 





Sesampainya di Pelabuhan Kartini Jepara, kita harus beli tiket kapal untuk nyebrang ke Pulau Karimun Jawa kalau punya dana transportasi lebih mendingan naek KM Express Bahari seharga Rp.110.000 (Eksekutif) dan Rp. 130.000 (VIP). Perjalanan menuju Karimun Jawa kurang lebih 2 jam dan perlu diingatkan bila ada yang mabok laut kudu siapin kantong kresek untuk antisipasi kalau nantinya muntah.




Sesampainya di Pulau Karimun Jawa, kita harus cari penginapan terlebih dahulu disana, harga untuk penginapan kisaran 350.000/hari. Selain itu juga biasanya tiap penginapan memberikan paket untuk peralatan snorkling dan foto dibawah air. Sesudah dapet penginapan kita bisa langsung untuk melakukan penjelahan ke pesona wisata di Karimun Jawa. Dimulai dengan menjalahi Hutan Mangrove. Menuju trekking hutan Mangrove kita bisa  menyewa 3motor dengan harga sewa motor Rp70.000/12 jam, atau bisa nyewa mobil pick up dengan 150.000/PP






Udah ngejelajahi Hutan Mangrove, rute berikutnya kita menuju Pantai Tanjung Gelam untuk ngeliat Sunset sambil maen air laut disana. Tanjung Gelam sebenarnya masih satu daratan dengan Pulau Karimun Jawa tapi berada paling luar dari Pulau Karimun Jawa. Tanjung Gelam merupakan tempat untuk hunting photo. Tanjung Gelam merupakan tempat favorite bagi para pengunjung baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara untuk menikmati suasana sore hari sebagai penutup hari penjelahan kita hari ini yang indah.



2 comments: