Berpijak di Punjak Anjani, Gunung Rinjani

Puncak Rinjani

Tak dapat dipungkiri lagi, gunung yang terletak di Pulau Lombok, NTB ini memiliki daya tarik tersendiri bagi kalangan pendaki di Indonesia maupun Mancanegara. Secara administratif Gunung Rinjani berada di 3 (tiga) wilayah Kabupaten yaitu Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat. Gunung yang berjenis Stratovolcano ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) yang memiliki luas sekitar 41.330 ha.

Belakangan ini, keindahan TNGR menjadi destinasi favorit khususnya bagi para pendaki dari mancanegara. Maka dari itu tidak heran jika di sana banyak bule yang juga ingin menikmati keindahan Gunung Rinjani meskipun butuh perjuangan untuk menggapai puncak tertingginya, Puncak Anjani.

Puncak Anjani yang berketinggian 3.726 mdpl ini dapat ditempuh melalui 2 (dua) jalur normal, yaitu Desa Sembalun di Lombok Timur maupun Desa Senaru yang berada di sebelah barat. Namun pada umumnya, para pendaki biasa melalui Desa Sembalun sebab panorama alam dan ritme pendakian yang lebih menarik. Sebab jalur Sembalun lebih landai dan titik awal pendakian lebih tinggi sekitar 600 m dibandingkan dengan jalur Senaru.
Danau Segara Anak
Namun, meskipun jalur Sembalun lebih landai, rute yang dilalui lebih panjang serta lebih terik sebab akan melewati padang savana yang cukup luas. Sedangkan rute Senaru memiliki medan yang lebih terjal tetapi jarak yang ditempuh lebih singkat walaupun tidak terlalu signifikan. Pada rute Senaru, hutan lebat mendominasi sedari awal pendakian hingga ujung punggungan tertinggi yang biasa disebut dengan Pelawangan Senaru.
Rupa jalur Sembalun
Danau Segara Anak dari Pelawangan Sembalun
Untuk mencapai puncak, dari Pelawangan Sembalun yang notabene nya puncak bayangan dari jalur Sembalun membutuhkan waktu sekitar 5 jam. Diawali dengan medan savana yang mulai menipis hingga jalur berpasir tebal hingga mencapai puncak Anjani. Kondisi jalur puncak sendiri cukup ekstrim, terlebih pada musim-musim pendakian yaitu pada bulan juni-september sebab angin bertiup cukup kencang serta suhu yang rendah. Namun dengan tekad yang kuat itu semua dapat terbayar begitu kita sampai di puncaknya.

Gunung aktif Barujari


Selain pesona puncak Rinjani yang menawan, Kawasan ini juga memiliki danau indah yang tak kalah dengan pesona puncaknya, Danau Segara Anak namanya. Di Danau yang berkedalaman sekitar 200m lebih ini terdapat banyak ikan Carper dan Mujair, sehingga jangan sungkan untuk membawa alat pancing ketika berkunjung ke sana. Pada bagian timur kaldera Segara Anak terdapat Gunung Barujari, gunung aktif yang cukup tinggi aktivitas vulkanologinya. Tak ada kata lain selain pujian-pujian terhadap keindahan kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani ini. Amazing .......

Tak lupa selalu saya menyampaikan pesan yang mungkin cukup mainstream dan kuno, yaitu "jagalah kawasan ini, sekecil apapun kerusakan yang anda buat, besar dampak yang akan terlihat, pun juga sebaliknya" :)))


Cantik? hanya gambar :)


melepas letih setelah muncak dengan memancing
untuk informasi : http://www.rinjaninationalpark.com/index.htm

No comments:

Post a Comment