Karimun Jawa, Surganya pesona wisata Taman Laut di Indonesia (2)


Karimun jawa selain banyak terdapat hutan mangrove, terdapat Pula Tempat penangkaran hiu, penyu, dan elang Jawa khususnya di pulau Menjangan Besar. Pulau ini sangat wajib di kunjungi karena menawarkan pengalaman wisata yang tidak biasa, yaitu kesempatan untuk berenang bersama ikan hiu. Penangkaran hiu terdiri dari 2 kolam, kolam pertama berisi hiu berusia muda berjumlah sekitar 10 ekor hiu dan kolam kedua hiu yang berusia tua berjumlah sekitar 15 ekor. Salah satu jenis hiu karang antara lain, Blacktip Reef Shark yang menyukai perairan dangkal berpasir. Bahkan kadang-kadang mereka juga masuk ke perairan payau dan juga sungai air tawar. untuk kita bisa berenang dengan hiu kita dikenakan biaya sebesar 10.000/orang.



Setelah asik berenang bersama hiu, kita melanjutkan perjalanan ke Pulau Cemara kecil yaitu surga yang hampir hilang serta terlupakan. Pasir putih yang menjorok ke laut jadi area yang pas untuk sunbathing dan snorkeling serta nikmati keheningan alam yang demikian menenangkan. air laut jernih, terumbu karang indah, ikan buntal lucu, pantai berpasir putih serta rimba cemara yang seolah menggoda kita untuk menjelajahinya jadi pesona yang sukar diabaikan.

Pulau kecil besar seluas 3, 5 hektar ini cuma diisi rimba cemara yang tetap perawan. perairan dangkal tidak sangat mungkin perahu untuk merapat hingga hanya satu langkah yaitu jalan kaki untuk meraih pantai. anda bisa nikmati keindahan pantai yang beberapa besar adalah padang lamun area berkembangbiaknya udang serta ikan.




Gak puas sama pulau kecil cemara, kita masih bisa berjalan ke pulau kecil. Pulau kecil terletak di sebelah Pulau Tengah, disini terdapat banyak bangunan mirip pendopo dan cottage yang bisa di gunakan untuk tempat istirahat. Luas Pulau Kecil hanya setengahnya pulau tengah yaitu sekitar 2 hektar jadi kita bisa mengililingi pulau sambil mencari karang-karang yang sudah mati di pinggiran pantai.


Pantai di pulau ini berpasir putih dan sedikit ke tengah merupakan karang berpasir. Untuk spot snorkling terdapat di depan pulau di bawah dermaga. Hanya bermodalkan roti/makanan ringan dengan melemparkannya ke daerah dekat dermaga pulau ini kita bisa menikmati keindahan ikan-ikan kecil yang sedang memperebutkan makanan, ikan nemopun juga dapat anda temukan diantara kerumunan ikan-ikan kecil tersebut. Keadaan daratan pulau kecil hampir sama dengan keadaan daratan pulau tengah yaitu daratannya datar dengan mayoritas ditumbuhin pohon kelapa.

Keindahan pulau karimun jawa ini salah satu yang dipunyai oleh Indonesia, yang harus kita lestarikan, dipromosikan dan kita jaga. Pariwisata Indonesia ternyata tidak kalah keren dengan pariwisata yang ada di negara-negara lain yang mungkin dari segi promosi sangat bagus, ini merupakan tantangan untuk pemerintah daerah bisa membuat pesona wisata alam yang ada di Indonesia bisa dikembangkan dengan baik dan bisa menjadi pemasukan negara kita nantinya. (VP)









No comments:

Post a Comment