Tips jalan-jalan ala Backpacker

Dewasa ini jalan-jalan atau istilah kerennya 'travelling' menjadi gaya hidup yang semakin populer, khususnya bagi kaum urban yang tingkat kejenuhannya cukup tinggi. Selain itu, semakin banyak spot-spot wisata yang mendadak populer dari yang sebelumnya kurang dikenal oleh banyak orang. 
Seiring perkembangan waktu, para penggiat jalan-jalan ini semakin dimanjakan dengan banyaknya agen-agen travel yang menjual jasanya kepada para traveller. Di satu sisi, agen-agen travel itu memang sangat membantu perkembangan dunia pariwisata, khususnya di Indonesia. Namun bagi sebagian orang, travelling dengan memanfaatkan jasa agen travel merupakan cara yang membosankan. Selain itu juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit.



Apa sih arti Backpacking/Backpacker....?

Menurut saya, 'backpacking' memiliki arti 'menggunakan ransel'. Diambil dari kata dasar 'backpack' yang berarti tas atau ransel dengan menambah imbuhan '-ing' yang mengartikan bahwa sedang melakukan sesuatu, dalam hal ini sedang memakai tas/ransel. Sedangkan 'backpacker' memiliki arti 'orang yang menggunakan ransel. Dalam hal ini, imbuhan '-er' mengartikan bahwa orang yang sedang melakukan sesuatu, sehingga arti kata 'backpacker' adalah orang yang menggunakan ransel.

Belakangan ini, istilah itu meluas menjadi suatu gaya hidup atau pilihan orang dalam melakukan perjalanan secara simpel dan sederhana. Dengan hanya menggunakan ransel untuk melakukan sebuah perjalanan membuat kita menjadi lebih 'mobile' dalam melakukan sebuah perjalanan. Dengan perkembangan waktu dan teknologi, istilah backpacker menjadi sangat luas definisinya.

Kesimpulan menurut saya, Backpacker ialah sebuah cara kita melakukan perjalanan dalam hal ini adalah wisata secara independent dan tidak menggunakan jasa agen travel. Mulai dari mengurus tiket transportasi, penginapan sampai pengaturan waktu dikelola sendiri oleh si 'backpacker' tersebut. Semua diatur sesuai dengan kemauan dan kemampuan si pejalan itu sendiri. Selain itu, nilai plus dari metode seperti ini ialah jumlah biaya yang dikeluarkan akan semakin minim. Semakin minim budget yang dikeluarkan, akan semakin menyenangkan. Namun bukan berarti jalan-jalan dengan cara ini dibilang cara 'murahan'. Oleh karena itu, di sini saya akan memberikan sejumlah tips jalan-jalan ala 'Backpacker' yang simpel, efisien dan menyenangkan.

  • Perencanaan yang matang
    Tidak ada salah merencanakan perjalanan anda dari jauh-jauh hari. Dengan begini, anda bisa 'browsing-browsing' terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan. Keuntungannya anda bisa mendapatkan harga penginapan, transportasi yang mungkin jauh lebih murah (promo) dibanding melakukan perjalanan yang mendadak.
  • Berkelompok
    Ajak lah beberapa rekan. Dengan melakukan perjalanan secara berkelompok, selain lebih seru juga dapat meminimalisir budget khususnya dari segi transportasi dan penginapan.
  • Bawa barang seperlunya.
    Tentu anda tidak mau kan jika isi tas anda penuh dengan barang yang mungkin berguna saat berada di rumah, namun menjadi barang yang sia-sia saat melakukan perjalanan? Oleh karena itu, bawalah barang seperlunya saja. Usahakan membawa barang yang serba 'travel size' misalnya alat-alat mandi seperti shampoo, sabun dan pasta gigi cukup dengan ukuran yang secukupnya.Selain itu disarankan tidak membawa pakaian dalam jumlah berlebih dan dianjurkan membawa pakaian yang cepat kering.
    Untuk alas kaki, gunakanlah yang menurut anda nyaman dipakai. Bukan berdasarkan merk, warna dan keindahan, untuk apa keren tapi tidak nyaman dipakai.
  • Kenali juga adat dan budaya di tempat Anda berkunjung. Setiap wilayah/negara punya etiket masing-masing tentang hal-hal yang dilarang atau dibolehkan di wilayah mereka. Semakin banyak Anda tahu, akan semakin memudahkan perjalanan backpacking Anda.
  • Mudah bergaul dan bersosialisasi terhadap orang-orang sekitar. Jangan sungkan bertanya kepada orang lain jika kita kesulitan dalam melakukan perjalanan,malu bertanya sesat di jalan.
  • Tetap waspada bagi diri sendiri dan rekan se perjalanan.



Sekian beberapa tips dari saya, semoga dapat berguna bagi anda semua. Sekali lagi saya ingatkan, jadilah pelancong yang bijak dan bertanggung jawab. Tetaplah jaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak alam maupun fasilitas umum.
-Salam travelling-
  

go green

"jangan membuang apapun kecuali waktu, jangan mengambil apapun kecuali gambar  dan jangan meninggalkan apapun kecuali jejak"



3 comments:

  1. wah ini bakalan seru ya betul-betul perjuangan, jangan malu bertanya nanti sesat di jalan

    ReplyDelete
  2. keren tips-nya... yang paling penting perencanaanya tuch...

    ReplyDelete
  3. Seru nih perjalanannya: tujuan dan cara backpackernya. Jadi banyak pengalaman dibandingin menggunakan jasa travel. Makasi sharenya

    ReplyDelete