Trans Sarbagita, sahabat backpacker di Bali

Armada Trayek Utama

Kabar baik bagi para Backpacker yang ingin 'meng-eksplore' Pulau Bali. Kini hadir transportasi massal semacam Trans Jakarta di Jakarta. Nama Sarbagita diambil dari 4 (empat) nama Kabupaten/Kota di Bali yaitu Denpasar, Badung, Gianyar dan Tabanan. Yaaa memang angkutan massal ini melayani antar empat Kabupaten di Bali tersebut. Gebrakan baru ini merupakan hasil kerja sama dari Pemerintah Provinsi Bali dengan Dinas Perhubungan Provinsi Bali.
    
Pada awalnya hal ini dilatarbelakangi oleh semakin parahnya kemacetan lalu lintas di sana, serta belum maksimalnya sistem transportasi massal di Bali sehingga terus mendorong masyarakat di sana untuk menggunakan kendaraan pribadi yang juga menjadi faktor utama kemacetan di Bali. Selain itu, seperti yang kita ketahui Bali masih merupakan tujuan wisatawan favorit baik wisatawan asing maupun domestik. Oleh karena itu, hal ini tentu saja sangat membantu para wisatawan khususnya Backpacker dalam menjelajahi Pulau Bali.
Armada Feeder Sarbagita
Salah satu halte Trans Sarbagita Trayek Utama
Perencanaan jaringan transportasi ini berjumlah 17 (tujuh belas) Trayek Utama (TU) dan 4 (empat) Trayek Pengumpan (TP) atau biasa disebut Feeder Trans Sarbagita. Trayek pengumpan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan layanan Trans Sarbagita sehingga memiliki aksesbilitas tinggi dalam menjangkau ke kawasan perumahan/pemukiman. Armada moda transportasi ini ialah bus besar seperti halnya Trans Jakarta serta bus sedang untuk trayek yang melalui jalan-jalan yang kurang besar, sedangkan untuk TP menggunakan mikro bus dengan kapasitas 9 orang. Tarif trans sarbagita hanya Rp. 3.500,- untuk umum dan Rp. 3.000,- untuk pelajar dan beroperasi dari pukul 05.00 – 21.00 WITA, tentu sangat terjangkau. Dengan berpendingin udara (AC) tentu akan sangat nyaman bagi penumpang pengguna moda transportasi ini. Trans Sarbagita sudah mulai beroperasi sejak bulan Agustus lalu, hingga tulisan ini dibuat, baru 2 (dua) koridor Trayek Utama, sedangkan untuk Feeder sendiri sudah beroperasi semua. Semoga kedepannya akan terus berlanjut koridor-koridor berikutnya seperti apa yang sudah direncanakan.



Petunjuk rute pada setiap halte
Bagi anda para petualang, jangan ragu menggunakan moda transportasi ini di Bali, segala petunjuk tentang trayek, jam keberangkatan dan kedatangan sudah cukup jelas dan membantu para penumpang. Sehingga tidak perlu repot-repot lagi menyewa kendaraan untuk mengexplore Pulau Bali.

Berikut info singkat tentang trayek Trans Sarbagita, baik yang sudah beroperasi maupun yang masih dalam tahap rencana:




Rencana Trayek Trans Sarbagita seluruh koridor


Suasana di dalam Bus, nyaman bukan..... :)








No comments:

Post a Comment