Bersama arus Mudik Menuju Sawarna



Perjalanan langsung dimulai dari terminal Baranang Siang - Bogor, yang di luar Bogor, datang ke Terminal ini dulu yaa :) . dari terminal ini lanjut naik bus ke arah Pelabuhan Ratu berwarna biru dengan tarif +/- Rp.25.000,- saat hari normal. Namun karena perjalanan ini saat H+1 Lebaran 2011, tarif naik menjadi Rp.32.000,- dengan padatnya penumpang yang memburu bus ini. perjalanan dari Kota hujan menuju Pelabuhan Ratu ini menghabiskan waktu s/d 5 jam karena padatnya pengguna jalan, tentunya saat hari biasa tidak akan selama ini.
Dari Pelabuhan Ratu bisa dilanjutkan dengan mobil-mobil ELF ke arah Bayah dengan tarif Rp.25.000,- (tarif normal) s/d Rp.30.000,- (saat lebaran) dan turun di Cibayawak . Perjalanan yang cukup seru disini, karena bisa mengintip keramaian pantai-pantai sepanjang jalan dan pemandangan desa di sekitarnya. Lamanya perjalanan bernasib sama seperti dari Bogor menuju Pelabuhan Ratu yang agak padat sehingga jadi sedikit lebih lama. Bagi yang sering mabuk perjalanan, bisa menyiapkan obat anti mabuknya atau obat masuk anginnya dalam perjalanan ini :) .

Sesampainya di Desa Cibayawak mungkin bisa beristirahat sejenak sambil menunggu Sang Ojek di bengkel dekat gapura. Di wilayah ini sudah sulit angkutan, jadi mau tidak mau ya naik ojek dengan tarif yang cukup mahal sekitar Rp.30.000,-. Dulunya disediakan mobil-mobil jeep sebagai sarana angkutan menuju desa Sawarna, namun menurut warga setempat sudah sangat jarang yang beroperasi dan kalaupun ada, jeep ini hanya beroperasi sampai jam 5 sore.

Lupakan tentang perjalanan yang padat tadi, sekarang saatnya menikmati keberadaan desa Sawarna dengan segala aset yang dimilikinya. saat tiba di desa ini, bisa langsung memilih untuk penginapannya, tarif penginapan antara Rp.80.000,- s/d Rp.150.000 untuk satu malamnya, tarif tersebut sudah include dengan 3x makan. Berikut kami berikan beberapa penginapan/homestay yang bisa dipilih :


NamaKontakKeterangan
Pak Asep                  081911211444 /
 08572091999
Paling dekat dengan pantai
Kang Ace087772892011di tengah desa,
masih keluarga dari pak Asep
Ibu Nenda /
Homestay Chlara
087772095744di tengah desa
Ade Sudrajat /
Homestay Widi
081906358932di tengah desa


Tertarik untuk menginap di homestay? bagi yang kurang tertarik, mungkin bisa memilih opsi lain, yaitu dengan camping di pesisir pantai Sawarna/Ciantir atau pantai Tanjung Layar atau bahkan ingin berlomba untuk tidak tidur di warung-warung sekitar pesisir pantai juga boleh. heheh. Tapi tetap ingat untuk jaga kebersihannya ya.

-Salam Lestari-


Baca juga : Desa Sawarna yang Berwarna

No comments:

Post a Comment