Pantai Pasir Putih di Bumi Ruwa Jurai


Pantai Pasir Putih, Lampung Selatan seakan tak pernah sepi pengunjung. Selalu saja ada yang datang meski hanya untuk sekedar singgah. Obyek wisata yang dulunya tempat latihan perang-perangan militer itu memang kondang sebagai tempat singgah melepas lelah bagi pelintas Jalan Lintas Sumatera ruas Bandar Lampung - Pelabuhan Bakauheni. Obyek wisata ini berada di desa Tarahan, Lampung Selatan atau 80 kilometer dari arah Pelabuhan Bakauheni. Dulu pintu gerbang objek wisata ini bertuliskan Taman Hiburan Rakyat Pasir Putih, kini berganti menjadi Pusat Latihan Tempur milik Korem 043 Garuda Hitam dengan gerbang berwarna loreng ala militer.

Lalu apa siih arti dari judul di atas? Sang Bumi Ruwa Jurai merupakan semboyan warga lampung yang memiliki arti Sang Bumi yang bermakna Rumah Tangga Yang Agung. Sedangkan Ruwa Jurai memiliki makna Dua kelompok masyarakat yaitu penduduk asli dan pendatang. Jadi Semboyan warga Lampung mempunyai arti Rumah tangga yang agung yang didalamnya terdapat kombinasi antara penduduk asli dan penduduk pendatang yang hidup secara gotong royong dan harmonis.


Source
Pantai Pasir Putih benar-benar menggambarkan suasana yang menggoda dan menyegarkan mata dan jiwa Anda. Alam yang menakjubkan dan lokasi yang hanya berjarak 20 kilometer dari kota Bandar Lampung menjadikan pantai ini sebagai salah satu objek wisata andalan di Lampung. Akses ke Pantai inipun tidak sulit, dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 30 menit dari pelabuhan Bakauheni. Bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum yang banyak beroperasi di sepanjang Lintas Sumatera ruas Bandar Lampung.

Fasilitas dan akomodasi di sekitar lokasi ini juga cukup tertata rapi. Banyak penginapan dan rumah makan yang bisa dinikmati wisatawan kala datang ke tempat ini. Pengunjung bisa melihat ikan badut dan keindahan terumbu karang dari atas perahu. Untuk menyaksikan keindahan alam bawah laut itu harus menyewa alat khusus, Alat itu berupa kaca bening yang dibingkai dengan kayu berukuran 2,5 meter persegi. Dengan ditempelkan di atas permukaan air laut melalui perahu yang telah didesain khusus di bagian lantainya, tingkah polah ikan dan terumbu karang sangat jelas terlihat, seperti menyaksikan akuarium.

Source
Source
Pantai Pasir Putih memiliki air laut yang berwarna hijau kebiruan yang secara harmonis menyatu dengan halus dan indahnya hamparan pasir putih di sepanjang tepian pantainya. Tidak salah jika pantai ini terlihat seperti lukisan alam yang menakjubkan. Setibanya Anda di lokasi pantai ini, pemandangan yang indah menyambut kedatangan Anda. Membuat Anda tidak sabar untuk berjalan di pasirnya yang putih dan bersih. Oleh karena keindahannya, pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Di akhir pekan atau pada hari-hari libur, tawa riang bocah-bocah yang bermain akan semakin terasa. Tak hanya dari Lampung, wisatawan yang datang banyak pula dari luar kota seperti Jakarta. Bahkan beberapa wisatawan mancanegara pun sering terlihat di sini. Bagi para pencinta fotografi, Pasir Putih akan menjadi surga hunting foto yang luar biasa. Langkah tenang matahari pulang ke ufuk barat menjadi saat yang sangat ditunggu untuk dinikmati dan diabadikan. Sungguh sebuah pengalaman yang tak terlupakan. (VP)

2 comments:

  1. kerennya ... pengen banget liburan disini.

    ReplyDelete
  2. emang bagus nih pantainya, ada badutnya lagiii

    ReplyDelete