Desa Sawarna yang Berwarna


Woooowww..........indahnya. mungkin itu kata-kata pertama ketika menginjakan kaki di pantai ciantir atau biasa disebut pantai sawarna. Loh kok jadi pantai? Judulnya kan desa? Ya, pantai sawarna ini terletak di desa sawarna, tepatnya di wilayah Kampung Gendol, Kec. Bayah, Kab. Lebak – Banten. Desa Sawarna tidak hanya menyediakan pantai ciantir saja. Disana juga terdapat pantai Tanjung Layar dan Legon Pari. Selain wisata pantai, disana kita juga bisa menemukan wisata goa, antara lain Goa Lalay, Goa Langir dan Goa-goa kecil lainnya.


Desa kecil yang indah, masih terjaga keasriannya. Kenapa sih dinamakan desa sawarna? ada beberapa ulasan berbeda mengenai asal nama desa Sawarna ini. Ada yang menyebutkan karena desa ini dijadikan sebagai tempat penambangan suarna atau emas, maka jadilah namanya desa sawarna. Ada juga yang mengatakan nama tersebut berasal dari dua suku kata dalam bahasa sunda, yaitu Sarupa, Sa yang artinya satu atau tunggal dan Rupa yang artinya warna. kemudian nama Sarupa berubah menjadi Sawarna yang berarti menjadi satu warna.

Keindahan alam di desa ini sangat menawan, jajaran pantai, Goa dan suasana pedesaannya membuat tentram. Objek wisata ini sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun wisatawan asing dan tempat melancong bagi yang "touring" dengan kendaraan bermotor.

Jalan raya menuju desa ini sudah memadai. Sepanjang jalan kita akan disuguhkan pemadangan pantai dengan pasirnya yang putih. Belum lagi barisan  hutan karet dan hutan tropis sebelum benar-benar masuk ke dalam area desa dan pantai ini. Untuk info perjalanan dan penginapan, bisa klik disini

Mengawali eksplorasi dari pantai tanjung layar. Mengapa dinamakan Tanjung Layar? karena disana terdapat 2 buah batu besar atau bisa dibilang tebing yang menyerupai layar kapal.

Disekitar kawasan pantai Tanjung Layar ini kita bisa menemukan Tapak Si Kabayan. tentu saja bukan tapak kaki aslinya lhoo. Tapak ini berukuran raksasa yang terpahat oleh alam dari karang-karang sehingga menyerupai sebuah tapak kaki.

Beralih ke pantai Sawarna, kawasan pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang begitu luas. Kita bisa menuju tempat ini dari pantai Tanjung Layar dengan berjalan di pesisir ke arah kanan. Di pantai ini terdapat banyak warung yang bisa dijadikan tempat berteduh dan lahan parkir bagi nelayan. Jajaran goa-goa kecil dan persawahan pun hadir disini untuk menambah eksotisnya wilayah ini.

Sebenarnya masih banyak yang bisa dikunjungi di tempat ini, namun karena terbatasnya waktu membuat tidak semua bisa dikunjungi dan kami tidak dapat menceritakannya. Mungkin di lain kesempatan kami dapat mengunjunginya agar bisa berbagi antar sesama.

-YP-
Salam Lestari





Following @DaihatsuInd & @Viva_log sebagai
prasyarat mengikuti lomba blog "Jelajah 7 Keajaiban Nusantara"


8 comments:

  1. Lestarikan terus mas alam nya..

    ReplyDelete
  2. iframe 7wondres daihatsunya belum dipasang nih, pasang ya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia kak, scriptnya kok aneh yaa yag di pamflet. bisa dibantu?

      Delete
    2. baik, sudah yaa kak :)

      Delete
  3. Wah, keren ya tempatnya.

    Sukses ya......

    Salam wisata

    ReplyDelete
  4. Haloo Vloggers,

    Saya putri dari VIVAlog, meminta biodata lengkap untuk lomba blog #terios7wonders , sebagai berikut:
    Nama lengkap:
    Username:
    Alamat lengkap:
    No Hp:
    Link Blog:

    kirim ke putri.megasari@viva.co.id

    ReplyDelete