Tips jalan-jalan ala Backpacker (Bag. 2)

Ketika melakukan sebuah perjalanan, dalam hal ini backpacking, mungkin salah satu dari kita pernah bermasalah dengan ranselnya. Entah itu ransel yang terlalu kecil, terlalu berat atau mungkin barang bawaan kita yang terlalu banyak. Ransel yang terlalu “sarat penumpang” mungkin akan berdampak timbulnya ketidaknyamanan kita dalam melakukan perjalanan. Bahkan berpotensi menimbulkan cidera yang tentunya tidak kita harapkan. Rencana yang tadinya sudah matang dan siap bersenang-senang lalu menjadi berantakan karena tidak nyamannya ransel yang kita bawa.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada sedikit tips bagi para rekan pejalan yang mungkin terlihat sepele namun sangat optimal jika dilakukan dengan baik. Selain mengurangi barang bawaan yang tidak perlu, mungkin cara kita packing barang yang sedikit perlu diperhatikan. memasukkan barang bawan secara tidak teratur membuang ruang secara percuma pada ransel kita. Yaa, sistem “asal masuk ransel” merupakan cara yang salah dalam melakukan perjalanan. oleh karena itu ada baiknya menata sedemikian rupa untuk mengoptimalkan fungsi dari ransel kita. Berikut tips menata barang pada ransel seperti yang tertera pada gambar dibawah ini :

Source
  • Pada bagian ransel "A" bisa diisi dengan barang ringan yang sering digunakan dan membutuhkan akses yang cepat seperti : Headlamp/lampu senter, jas hujan, peralatan mandi, sun block dll.
  • Bagian "B" bisa diisi dengan barang yang sedikit berat seperti makanan, water tank (kantung berisi air), bahan bakar beserta kompor bagi yang sering berkemah.
  • Pada bagian "C" ada baiknya diisi oleh pakaian ganti, serta beberapa barang yang masuk kategori sedang seperti handuk, jaket, fly sheet dan sejenisnya;
  • Bagian "D" bisa kita isi dengan tenda, atau beberapa barang yang masuk kategori berat dan penggunaannya jarang.
    Sleeping bag atau kantung tidur adalah barang yang paling pas untuk di tata pada bagian ini seperti huruf "E" yang tertera pada gambar di atas.
Selain sistem penataan barang yang harus diatur dengan baik, cara memanggul ransel juga turut diperhatikan untuk menghidari cidera pada saat kita memakainya. Banyak dari kita menganggap sepele sewaktu mengangkat ransel untuk memanggulnya. Tips terbaik hasil penelusuran saya untuk memakai ransel yang biasanya cukup berat bisa dilihat pada gambar di bawah ini :

Source
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua sesama rekan pejalan. (MSR)

1 comment:

  1. Wah makasih nih informasinya sangat berharga banget

    ReplyDelete