Keliling Jakarta dengan Commuter Line, Kenapa ngga....?

Sumber : Jakarta By Train

Jakarta, siapa tak kenal kota ini. Kota metropolitan terpadat di Indonesia ini masih memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa orang khususnya wisatawan. Selain sebagai pusat administrasi dan perekonomian di Indonesia, Jakarta juga tak kalah saing soal pariwisata. Dalam hal ini, wisata budaya, sejarah dan kuliner yang lebih ditonjolkan untuk menarik wisatawan baik wisatawan lokal maupun asing.
Seperti kita ketahui, Jakarta memiliki banyak gedung-gedung bersejarah yang layak dikunjungi. Sebut saja Monumen Nasional, kawasan Kota Tua di Kota, Museum Sejarah Jakarta dan lain sebagainya yang tak bisa disebutkan satu persatu. Selain itu objek wisata budaya dan kesenian juga banyak terdapat di kota ini. Untuk kuliner sudah tentu sangat variatif pilihannya, mulai dari ala hotel bintang lima hingga kaki lima banyak menjamur di seluruh kawasan kota Jakarta dan sekitarnya. Sehingga, metode "City Backpacking" di Jakarta dan sekitarnya dapat menjadi pilihan bagi rekan pejalan jika sedang berada di Jakarta.

Namun bukan tanpa masalah jika ingin traveling di kota ini. Kemacetan lalu lintas serta polusi menjadi faktor yang membuat kita pikir-pikir dulu sebelum wisata kota di Jakarta. Selain itu sistem transportasi yang buruk juga menjadi faktor terhambatnya sektor pariwisata di Jakarta. Tapi bukan traveler namanya kalau tidak bisa mencari alternatif untuk berwisata. Sistem transportasi Commuter Line dapat menjadi solusi untuk sobat pejalan jika ingin berkeliling Ibukota. Commuter atau Kereta Rel Listrik Jabodetabek menjadi salah satu sistem transportasi yang menurut saya paling baik diantara moda transportasi lainnya.

Dengan menghubungkan beberapa kota di sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi ini, Commuter mampu mengangkut penumpang hingga ribuan orang setiap harinya. Jadi dengan kata lain, berwisata ataupun sekedar berkeliling di Jakarta dengan menggunakan moda transportasi ini mempunyai keasyikan tersendiri. Selain bebas macet, tingkat kenyamanan yang diberikan juga cukup mumpuni.

Baru-baru ini, sebuah komunitas Commuter Line yang bernama Jakarta By Train (JBT) membuat sebuah buku saku sebagai panduan untuk menelusuri kawasan wisata di Jabotabek dengan menggunakan Commuter Line (KRL). Komunitas yang mempunyai laman web www.jakartabytrain.com ini memberikan segudang informasi terkait info perjalanan KRL termasuk jadwal kereta, info stasiun dan tarif, serta info wisata yang mencakup wisata sejarah, budaya, seni bahkan kuliner. Melalui Buku Panduan tersebut kita dapat dengan mudah mengetahui info-info terkait sebab dapat dimasukkan ke dalam saku anda. Cukup simpel bukan.... :), berikut buku panduan wisata dengan menggunakan Commuter Line yang bisa diunduh di sini

Situs yang berdiri pada pertengahan tahun 2012 ini memiliki akun Twitter dengan nama @JakartaBytrain sebagai cara untuk mensosialisasikan Komunitasnya. Menurut General Editor situs Jakarta By Train, Anggara, situs ini memiliki misi untuk mempromosikan destinasi pariwisata yang ada di Jabodetabek dengan menggunakan KRL. Situs ini cocok sebagai panduan anda selama melakukan perjalanan di kota Jakarta dan sekitarnya.
 
Oleh karena itu, dengan menggunakan Commuter Line (KRL) untuk berwisata di Jakarta dapat menjadi pilihan terbaik anda terkait masalah kemacetan lalu lintas di kota padat penduduk ini. Selain itu, tujuan lain dikampanyekannya menggunakan KRL sebagai alat transportasi di Jakarta adalah untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi yang semakin tak terkontrol jumlahnya sehingga dapat mengurangi polusi yang semakin memprihatinkan. (MSR)



Buku Panduan yang diterbitkan JBT
Sumber : Jakarta by Train
Buku Panduan yang diterbitkan JBT
Sumber : Jakarta by Train

Rute perjalanan Commuter Line
sumber : Jakarta By Train


No comments:

Post a Comment